Rakorda Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Dengan Komitmen Bersama Kita Percepat Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera”.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa program keluarga berencana (KB) mempunyai peran penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Disamping secara makro berfungsi untuk mengendalikan kelahiran, secara mikro KB bertujuan untuk membantu keluarga dan individu untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

            “Melalui kegiatan operasional program KB Nasional hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga dapat menghasilkan kesepakatan operasional yang akan dilaksanakan dengan hasil optimal”, ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, Rapat Kordinasi Daerah Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2016 secara resmi dibuka oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

            Narasumber Rakorda Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2016 adalah :      

1.         dr. Siti Wasilah, M.Si (Ketua Koalisi Kependudukan   Kota Banjarmasin) dengan materi “Sinergitas Program   Kesehatan, Kependudukan dan KB di Kota             Banjarmasin.

2.         Taufik Arbain, S.Sos, M.Si (Ketua Koalisi       Kependudukan Provinsi Kalimantan   Selatan) dengan   materi “Kebijakan Program Kependudukan dan KB           Nasional Era Otonomi Daerah”

3.         Kabid Pengendalian KB BKBPMP Kota Banjarmasin             dengan materi “Program Keluarga Berencana             Nasional” dan “Evaluasi Program KB Kota     Banjarmasin”.