Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan yang dibacakan Walikota Banjarmasin menyampaikan bahwa dengan adanya proklamasi ini, rakyat Kalimantan Selatan telah menyatakan kesetiaan sejati terhadap Republik Indonesia serta berjuang untuk merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

            Sebagai rakyat Indonesia yang telah merdeka, harus mengenal, mengetahui dan menghargai jasa-jasa yang telah diberikan oleh para pendahulu kita. Dengan sikap dan tekad kuat yang kita teladani, kita semua dapat memperkuat nasionalisme, rasa persatuan sebagai sebuah bangsa yang kuat dan berdaulat serta memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan tersebut sesuai dengan era yang kita hadapi pada saat ini.

            Tema Peringatan HUT Ke-67 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2016 adalah “Dengan Semangat HUT ke-67 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Kita Wujudkan Kalimantan Selatan yang Mandiri dan Terdepan.

            Tema tersebut mengandung harapan dan ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat Kalimantan Selatan untuk berjuang bahu-membahu membangun daerah kita agar menjadi provinsi yang mandiri dan terdepan dalam semua aspek.

            Pada kesempatan ini diserahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Kebersihan DKP Antar Kelurahan Tahap I Tahun 2016, sebagai berikut :

Juara I - Kelurahan Belitung Selatan, Juara II – Kelurahan Pemurus Dalam, Juara III – Kelurahan Seberang Mesjid, Juara Harapan I – Kelurahan Mawar, Juara Harapan II – Kelurahan Tanjung Pagar, Juara Harapan III – Kelurahan Telaga Biru, Juara Harapan IV – Kelurahan Sei Lulut, Juara Harapan V – Kelurahan Utara, Juara Harapan VI – Kelurahan Pengambangan, dan Juara Harapan VII – Kelurahan Sei Miai.

Dalam rangkai kegiatan tersebut, sore juga dilaksanakan Gelar Senja, berbagai macam kegiatan pramuka diadakan, diantaranya tarian daerah, paduan sura serta madihin.

Gelar senja kali ini, walikota sebagai pembina upacara, menghimbau agar para anggota pramuka membpunyai semangat yang sama atau lebih daripada para pejuang.

Dikesempatan ini juga, wakil walikota sempat bekeliling sambil mengamati gerak-gerik peserta Gelar Senja, beliau juga memberikan beberapa pertanyaan tentang walikota dan wakil walikota, apakah mereka mengenal atau tidak.