Acara Pengukuhan P2TP2A Kota Banjarmasin Periode 2016-2021 merupakan Kerjasama Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (BKBPMP) Kota Banjarmasin dengan TP PKK Kota Banjarmasin. Dan Kegiatan Kelurahan Sadar Hukum dengan tema “Kesetaraan Gender Dalam Konteks Emansipasi Wanita dan Aktualisasi Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga”, kerjasama Bagian Hukum Setdako Banjarmasin dengan TP PKK Kota Banjarmasin.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin menyampaikan apresiasi atas terbentuknya kepengurusan P2TP2A Kota Banjarmasin Periode 2016-2021, dan meyakini kepengurusan ini mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

            Kekerasan terhadap perempuan dan anak sudah menjadi masalah nasional dan global. Perlindungan terhadap anak dan perempuan tertuang dalam Undang-Undang, diantaranya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

            Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan meningkatkan pengetahuan para Lurah dan PKK Kota Banjarmasin.

            “Pemerintah Kota Banjarmasin terus berupaya menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak dan memberikan rasa aman di Kota Banjarmasin” ujar Ibnu Sina.

            Pengukuhan Pengurus P2TP2A Kota Banjarmasin Periode 2016-2021 berdasarkan Keputusan Walikota Banjarmasin Nomor 393 Tahun 2016 tentang Nama-Nama Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Banjarmasin Periode 2016-2021. Adapun susunan kepengurusan adalah sebagai berikut :

1. Ibnu Sina sebagai Pembina.

2. Hermansyah sebagai Pembina.

3. Drs. H. Ichwan Noor Chalik, M.Si sebagai Pembina.

4. Drs. H. Hamli Kursani, M.Si sebagai Pengarah

5. dr. Siti Wasilah, M.Si, Med sebagai Ketua

6. Dra. Hanifah Khairil, M.Si sebagai Sekretaris.

7. Drs.Madyan, M.Si sebagai Ketua Harian

8. H. Lukman Hakim,SKM, M.AP sebagai Wakil Ketua I

9. Ina Yuliani, S.Sos, M.SU, M.IP sebagai Wakil Ketua II

10. Tantri Verawati, S.Pi, M.Si sebagai Sekretaris

11. Herlina Hastuti sebagai Bendahara.

 

            Narasumber pada Kegiatan Kelurahan Sadar Hukum ini : dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, dengan materi “Emansipasi dan Pengokohan Perlindungan”. DR. H. Lukman Fadlun, SH, MH, dengan materi “Kesetaran Gender Dalam Konteks Global”. Dan Drs. H. Hanafi Arief, SH, MH, Ph.D dengan materi “Kekerasan Rumah Tangga (KDRT) (Perbandingan Undang-Undang Indonesia-Malaysia).