Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke-44 Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke-44 Tahun 2016 Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma”.

            Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah :

1.     Memasyarakatkan Gerak PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat.

2.     Meningkatkan pemahaman segenap jajaran Tim Penggerak PKK, masyarakat dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

3.     Meningkatkan motivasi dan kesadaran kader TP. PKK dan kader PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK.

            Dalam sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat DR. Erni Gundarti Cahyo Kumolo, yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M. Si, Med mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak kinerja gerakan PKK.

            Beliau juga menitip harapan kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para kader PKK dan kader Dasawisma untuk senantiasa bekerja dengan semangat relawan dan tanpa pamrih, jangan pernah lelah untuk selalu menimba ilmu karena perkembangan ilmu dan teknologi pada dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikannya dan kembangkan terus jaringan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk kelangsungan program-program PKK.

            Tema “Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke-44 Tahun 2016 Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma”, mengandung makna bahwa dengan peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang harus mampu membuktikan kinerjanya dengan berupaya keras untuk memperkuat peranan kelompok Dasawisma yang merupakan ujung tombak gerakan PKK.

            Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi untuk seluruh jajaran PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Banjarmasin. Sebagai mitra pemerintah untuk terus bersama-sama menyukseskan visi dan misi Pemerintah Kota Banjarmasin.

            “Kepada jajaran PKK untuk meningkatkan partisipasi kepada masyarakat dan semoga kerjasama ini terus dilakukan” ujar Ibnu Sina.

            Bersamaan peringatan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke-44 Kota Banjarmasin Tahun 2016 dilaksanakan :

1.     Pemberian penghargaan pengabdian kepada 10 kader PKK Berprestasi di 5 Kecamatan se Kota Banjarmasin.

2.     Melaksanakan layanan KB dan Cek Kesehatan, kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan BKBPMP Kota Banjarmasin.

3.     Program unggulan Cerdik-Chek kesehatan secara Rutin, Enyah Rokok, rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stres.

4.     Launching Website PKK Kota Banjarmasin.

5.     Pameran Foto Unggulan PKK Kota Banjarmasin dalam rangka mendukung program 100 hari Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin sebagai mitra Pemerintah.

6.     Pameran produk-produk UP2K.

7.     Festival Kuliner Banjar, kerjasama dengan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Banjarmasin.

8.     Lomba B2-SA-Bergizi, Berimbang Sehat dan Aman Se Kota Banjarmasin, kerjasama dengan dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

9.     Demo penyajian Nasi Astakona dalam rangka melestarikan Budaya Daerah “Aku Cinta Produksi Indonesia” dengan chef Agus Sasirangan.

            Pada kesempatan ini juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba PHBS, Hatinya PKK, UP2K, B2SA.