Pendidikan dan Pelatihan Kepemiminan (DIKLATPIM) Tingkat IV Angkatan IX Pola Sanitasi di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan dari Tanggal 29 Pebruari s/d 13 Juni 2016 selama 97 Hari, dan diikuti 40 peserta dari ASN Pemerintah Kota Banjarmasin.

     Pada Diklatpim Tingkat IV Angkatan IX Pola Sanitasi di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin ini menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara. Jumlah jam pelajaran secara keseluruhan sebanyak 893 JP dengan rincian 290 JP untuk pembelajaran Klasikal dan 630 JP untuk pembelajaran Non Klasikal. Hal ini sesuai dengan Perkalan Nomor 20 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV. Dan seluruh jam pelajaran tersebut disampaikan oleh tenaga pengajar Widya Iswara Badan Diklat Provinsi Kalimantan Selatan, Widya Iswara BKD Diklat Kota Banjarmasin, Pejabat Struktural Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pejabat Struktural Pemerintah Kota Banjarmasin.

        Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Banjarmasin sangat konsen dengan peningkatan kualitas SDM aparatur. Dengan sumber daya manusia yang bersih dan berwibawa, diharapkan akan melahirkan aparatur yang dapat memberikan pelayanan yang prima dan terbaik bagi masyarakat. Karena itu Diklat ini akan sangat bermanfaat untuk menunjang kinerja aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam penyelenggaraan roda Pemerintahan dan Pembangunan di Kota Banjarmasin.

            “Dalam era Revolusi Mental saat ini, seluruh perangkat birokrasi perlu menyadari bahwa pelayanan berarti pula semangat pengabdian yang mengutamakan efisiensi dan keberhasilan dalam membangun, yang dimanifestasikan dalam perilaku Melayani bukan Dilayani, Mendorong bukan Menghambat, Mempermudah bukan Mempersulit, Sederhana bukan Berbelit-Belit, Terbuka untuk setiap orang bukan hanya untuk Segelintir Orang”, Ujar Ibnu Sina.

           

            Pada kesempatan ini diumumkan hasil penilaian peserta Diklatpim Tingkat IV Angakatan IX Tahun 2016 di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, sesuai hasil rekapitulasi penilaian dinyatakan Lulus dengan nilai tertinggi 90,95 dan nilai terendah 79,8.

            Adapun 5 (lima) peserta terbaik yaitu :

1.   Dr. Taufik Rahman (Puskesmas Pekapuran Raya)

2.   Drg. Irmah Setia Waty (Puskesmas Karang Mekar)

3.   Raudati Hildayati, ST, M.Eng (Dinas Cipta Karya             dan Perumahan)

4.   Raudatul Jannah, S.Pt (Dinas Pertanian dan         Perikanan)

5.   Gusti Noor Aida, S.Hut (Kecamatan Banjarmasin             Tengah)

 

            Acara diakhiri dengan penutupan secara resmi  Pendidikan dan Pelatihan Kepemiminan (DIKLATPIM) Tingkat IV Angkatan IX Pola Sanitasi di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan oleh Walikota Banjarmasin.