Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD Kota Banjarmasin Tahun 2016-2021 mengusung tema “Kayuh Baimbai Menuju Banjarmasin Baiman (Bertakwa, Aman, Indah, Maju, Amanah dan Nyaman)”.

            Dasar pelaksanaan kegiatan ini : Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, yang dikuatkan dengan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010.

            Maksud pelaksanaan Musrenbang RPJMD adalah sebagai forum musyawarah para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati penyempurnaan Rancangan RPJMD menjadi Rancangan Akhir RPJMD. Dan Tujuan Musrenbang RPJMD adalah :

1.     Sasaran pembangunan jangka menengah daerah;

2.     Strategi dan sinkronisasi arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah dengan pendekatan atas-bawah dan bawah-atas sesuai dengan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan daerah;

3.     Kebijakan umum dan program pembangunan jangka menengah daerah dengan visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah;

4.     Indikasi rencana program prioritas pembangunan jangka menengah daerah yang disesuaikan dengan kemampuan pendanaan;

5.     Capaian indikator kinerja daerah pada kondisi saat ini dan pada akhir periode RPJMD; dan

6.     Komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJMD dalam melaksanakan pembangunan daerah.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa enam bulan setelah terpilih, Pemimpin Daerah bekerjasama dengan Ketua DPRD wajib merumuskan RPJMD. Dokumen tersebut sesuai dengan Visi untuk mewujudkan “Kayuh Baimbai Menuju Banjarmasin Baiman (Bertakwa, Aman, Indah, Maju, Amanah Dan Nyaman). Dengan memperhatikan Banjarmasin Kota yang maju, Kota yang layak huni dengan berbasis pembangunan sungai. Hal ini dijabarkan dalam 6 misi yang direalisasikan melalui berbagai Program Unggulan. Sedangkan Misi Utama untuk menjadikan Banjarmasin Kota Sungai Pintu Gerbang Ekonomi Kalimantan 2025.

            Pada kesempatan ini diadakan diskusi RPJMD Kota Banjarmasin yang disampaikan Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, SH, MH, Perwakilan BAPPEDA Provinsi Kalimantan Selatan (Kabid Statistik) Drs. I Gede Suardika, M.Si dan Kepala BAPPEDA Kota Banjarmasin Ir. Nurul Fajar Desira, CES, dengan moderator Asisten Pemerintahan Setdako Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si.

            Hasil Kesepakatan Musrenbang RPJMD Tahun 2016-2021 Kota Banjarmasin yaitu : Secara umum Rancangan RPJMD Kota Banjarmasin 2016-2021 sudah selaras dengan Visi dan Misi Kota Banjarmasin, RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan, pokok-pokok pikiran DPRD Kota Banjarmasin, dan harapan masyarakat.

            Selaras dengan kata BAIMAN dalam Visi Kota Banjarmasin, pembangunan Kota Banjarmasin harus dapat membangun gairah keagamaan dan harmoni kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan masyarakat.

            Dalam rangka mempertegas jatidiri Kota Banjarmasin sebagai kota sungai dan mengoptimalkan fungsi sungai untuk kehidupan maka pembangunan Kota Banjarmasin berbasis sungai harus menjadi prioritas.

            Perlu ada percepatan dalam menjadikan Kota banjarmasin sebagai kota cerdas dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengeloalaan kota.

            Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin, pembangunan Kota Banjarmasin harus fapat mendorong tumbuhnya wira usaha baru dengan didukung oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Banjarmasin Corporate Social Responsibility (BCSR).

            Taman dan ruang terbuka hijau (RTH) adalah ruang terbuka publik sekaligus wajah kota. Mengingat keterbatasan lahan di Kota Banjarmasin, maka semua pihak perlu mendukung dengan partisipasi membangun taman dengan konsep kreatif, anatara lain dengan konsep taman vertikal.

            Pembangunan Kota Banjarmasin harus dapat membangun kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi.

            Musrenbang RPJMD Kota Banjarmasin 2016-2021 diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Kesepakatan Musrenbang RPJMD Kota Banjarmasin 2016-2021 Tahun 2016 antara Walikota Banjarmasin dengan Pemangku Kepentingan.