Dalam konteks Kebangsaan, pemuda menjadi salah satu pilar terpenting dalam perjalanan suatu bangsa. Pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan generasi muda diarahkan untuk mempersiapkan generasi muda sebagai sumber daya manusia muda Indonesia yang kreatif, inovatif, mandiri, disiplin, berbudi pekerti luhur serta berwawasan kebangsaan, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi pelaksanaan pembangunan khususnya Kota Banjarmasin.

            Kegiatan ini bertujuan untuk Keberhasilan Pembangunan Nasional yang merupakan usaha melanjutkan perjuangan dari para pahlawan untuk menghantarkan bangsa Indonesia dalam mencapai masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, hal ini tak terlepas dari peranan dan partisipasi pemuda sebagai pewaris penerus perjuangan bangsa.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi kegiatan ini, yang dimaksudkan untuk mengenang kembali jasa-jasa perjuangan sebagai sebuah peristiwa heroik, dan juga sebagai bentuk penghargaan terhadap para pejuang dan pahlawan.

            “Dari Napak Tilas ini dapat mentransformasikan nilai-niai perjuangan kepada generasi penerus bangsa, untuk terus berjuang menegakkan keadilan dan mengatasi kemiskinan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara”, ujar Ibnu Sina.

            Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Remaja dan Pemuda Tahun 2016 di titik wilayah 5 Kecamatan Kota Banjarmasin dengan temapat :

-   Pos 1 (Pemberangkatan Peserta) Balai Kota Banjarmasin.

-   Pos 2 (Tugu Pahlawan/Kantor KPPN/Belakang Polda).

-   Pos 3 (Makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari).

-   Pos 4 (Museum Wasaka).

-   Pos 5 (Tugu Pahlawan Pengambangan).

-   Pos 5 (Halaman Kantor Gubernur Kalsel).

 

Game/Permainan Tradisional (Bertanding Antar Regu)

-   Pos 1 (Penerimaan Peserta) Balai Kota Banjarmasin.

 

            Peserta Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Remaja dan Pemuda Tahun 2016 terdiri dari unsur Siswa/Siswi SMP dan SMA, Organisasi Kepemudaan, Pramuka dan Mahasiswa. Remaja Putra-Putri sebanyak 40 regu, Pemuda Putra-Putri sebanyak 45 regu. Serta didukung oleh Tim Kesehatan dan Panitia berjumlah lebih kurang 500 orang.

            Pada kesempatan ini Walikota Banjarmasin didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta dan pelepasan secara simbolis Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Remaja dan Pemuda Tahun 2016.