Munas V APEKSI Tahun 2016 dihadiri 90 Walikota se Indonesia. Berlangsung dari Tanggal 27-28 Juli 2016, yang mengusung Tema “Strategi Pelaksanaan Otonomi Paska Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah“.
    Hadir pada acara Pembukaan Munas V APEKSI ini Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sony Sumarsono, Gubernur Jambi Zumi Zola, Anggota DPD RI Daryati Uteng, Walikota Jambi Syarif Fasha, Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani, DR. GS. Vicky Lumentut (Ketua Dewan APEKSI), Sarimun Hadi Saputra (Direktur Eksekutif APEKSI), Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah dan perangkat Pemerintah Kota Peserta Munas V APEKSI Se Indonesia, FKPD dan Instansi Vertikal Kota Jambi, Para Staf Ahli, Asisten dan Kepala SKPD Pemerintah Kota Jambi.
    APEKSI merupakan sebuah forum yang dibentuk oleh Pemerintah Kota sebagai perwujudan dari ketentuan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan dalam rangka memenuhi amanat Keputusan Presiden RI Nomor 49 Tahun 2000 tentang Pembentukan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD). Kegiatan ini dilaksanakan 4 tahun sekali, dan pada Tahun 2016 ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan.
    Tujuan dari dibentuknya APEKSI yaitu untuk mempercepat pelaksanaan Otonomi Daerah, juga menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar daerah serta untuk akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
    Dalam Munas V APEKSI Tahun 2016 membahas kebijakan Program Kerja dan Evaluasi Program Kerja 2012-2016, Pemilihan Dewan Pengurus dan Pengawas APEKSI dan Mengangkat Tema Implementasi.
    Adapun rangkaian kegiatan Munas V APEKSI Tahun 2016 yakni :
1. Penandatangan MoU 6 Kota Anggota APEKSI dengan Kota Bandung tentang “Program Jaringan Lintas Kota”, yakni Kota Medan, Banjarbaru, Banjarmasin, Palangkaraya, Pekanbaru dan Yogyakarta.
2. Laporan Kegiatan Komwil (Komisariat Wilayah) APEKSI Tahun 2015 dan Masukan Rencana Program Tahun 2017 adalah Komwil I oleh Walikota Padang, Komwil II oleh Walikota Bengkulu, Komwil III oleh Walikota Bandung, Komwil IV oleh Walikota Madiun, Komwil V oleh Walikota Samarinda dan Komwil VI oleh Walikota Gorontalo.
3. Sidang Kelompok yang membahas Program Kerja 2016-2020, Pertanggung Jawaban Dewan Pengurus dan Menyusun Rekomendasi serta Pemilihan Formatur untuk Dewan Pengurus APEKSI Periode 2016-2020.

    Diskusi panel sebagai bahan masukan untuk Munas V APEKSI dimoderatori Walikota Tanggerang Selatan, Airin Rachmi Diany dengan nara sumber :
1. Badan Pemeriksa Keuangan - Anggota IV BPK RI, Bahrullah Akbar;
2. Kementerian Dalam Negeri - Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Sony Sumarsono;
3. Kementerian Keuangan – Kepala Sub Direktorat Dana bagi Hasil (DBH) Sumber Daya Alam (SDA), Kementerian Keuangan, Anwar Syadat.

    Sidang Munas V APEKSI Tahun 2016 dipimpin Walikota Gorontalo dan Sekretaris Walikota Bogor. Sidang Pleno II di Abadi Suite dihadiri : Staf Ahli, BKD Diklat Kota Banjarmasin, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah Kota Banjarmasin, Bagian Tapem Setdako Banjarmasin, Dinas Pendapatan Daerah Kota Banjarmasin, Bagian Hukum Setdako Banajarmasin, Bagian Humas Setdako Banjarmasin, PD. PAL dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin.

    Rekomendasi yang dihasilkan pada Munas V APEKSI Tahun 2016 :
1. Penyelenggara Munas VI APEKSI Tahun 2017 adalah Kota Malang.
Cadangan: Tarakan dan Makassar
2.Susunan Kepengurusan APEKSI Periode 2016-2020 :
- Dewan Pengawas :
Ketua: Vicky Lumentut Wali Kota Manado

Anggota :
Bima Arya, Walikota Bogor.
Sofyan Raga, Walikota Tarakan.
M. Irwansyah, Walikota Pangkalpinang.
M Idaham, Walikota Binjai.
Taufan Pawe, Walikota Parepare.
M Anton, Walikota Malang.

- Dewan Pengurus :
Ketua : Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan.

Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan : Burhan Abdulrahman, Walikota Ternate.
Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi: Dzulmi Eldin, Walikota Medan.
Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan : Rizal Efendi, Walikota Balikpapan.
Wakil Ketua Bidang Pembangunan :
Syarif Fasha, Walikota Jambi.
Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum : Mohamad Muraz, Walikota Sukabumi.
Wakil Ketua Bidang Kerjasama :
Jonas Salean, Walikota Kupang.
Bendahara : Illiza Sa'aduddin Djamal,Walikota Banda Aceh.
Sekretaris : Sarimun Hadisaputra, Direktur Eksekutif Apeksi

3. Sepuluh rekomendasi penting yang harus dilaksanakan sebagai hasil Munas V APEKSI di Kota Jambi :
- Menolak Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 yang dinilai tidak berpihak pada kualitas pelayanan publik pada rakyat.
- Selain itu, APEKSI juga diminta untuk segera melengkapi peraturan pelaksana terkait perundang-undangan yang berimplikasi pada kewajiban penyelenggaraan pemerintahan di daerah.
- Segera mengeluarkan peraturan pemerintah yang mengatur tentang vertikalisasi kelembagaan untuk memperjelas fungsi koordinasi dan kewenangan dengan pemerintah di daerah.
- Mendorong pemerintah agar vertikalisasi beserta penganggarannya dilakukan dengan menggunakan APBN.
- Meminta segera dirumuskan undang-undang kota sebagai urgensi dari dinamika pembangunan kota yang sangat dinamis.
- Memberi penguatan perlindungan hukum secara proporsional kepada kepala daerah terkait beragam kebijakan dan inovasi yang mungkin tidak terwadahi secara formal di aturan eksisting perundang-undangan,
- Selalu melibatkan APEKSI untuk setiap perumusan undang-undang/peraturan yang berdampak pada warga perkotaan dan kinerja pemerintah kota.
- Memberi kemudahan-kemudahan regulasi dan insentif pada inovas-inovasi baru pada manajemen pemerintahan daerah.
- Mengakselerasi konsep pembangunan infrastruktur dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
- Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia dilibatkan dalam proses pembahasan dan perumusan kebijakan maupun turunan dari peraturan pelaksanaan perundang-undangan terkait implementasi otonomi di daerah.

    Musyawarah Nasional V APEKSI Tahun 2016 dibuka secara resmi dengan ditandai penekanan Panel LCD oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sony Sumarsono serta Walikota Jambi, Ketua Umum APEKSI dan Ketua Dewan Pengurus APEKSI.
    Beberapa rangkaian kegiatan yang diikuti peserta APEKSI se Indonesia diantaranya : Pawai Budaya diikuti Walikota dan Delegasi, berpakaian daerah masing-masing kota peserta APEKSI yang turun ke jalan mengikuti parade budaya, yang dilaksanakan menjelang Pembukaan Indonesia City Expo (ICE). Indonesia City Expo (ICE) ke-14 Tahun 2016 dilaksanakan Tanggal 27-31 Juli 2016, merupakan gelaran pameran pemerintah kota-kota di seluruh Indonesia yang menampilkan produk-produk unggulan, serta peluang investasi. Dan dalam rangka meningkatkan Kesenian dan Budaya Nusantara, di area pameran di sediakan panggung pertunjukan Seni Budaya Nusantara dari kota anggota APEKSI. Penanaman/penyerahan Pohon Khas Kota Anggota APEKSI kepada Walikota Jambi.Bertempat di kawasan hutan kota Muhammad Sabki.