Jemaah Haji Kota Banjarmasin Tahun 1437 H/2016 berjumlah 561 orang yang terdiri 556 orang Jemaah Haji Kota Banjarmasin dan 5 orang Pendamping Haji Daerah (3 orang dari TPHD Provinsi Kalimantan Selatan, 2 orang dari TPHD Kota Banjarmasin). Jemaah Haji Kota Banjarmasin terbagi dalam 6 Kloter. Untuk Kloter 1 berjumlah 22 orang, Kloter 2 berjumlah 64 orang dan Kloter 3 berjumlah 295 orang, yang di dalamnya termasuk 2 orang petugas TPHD dari Kota Banjarmasin. Kloter 4 berjumlah 111 orang, Kloter 9 berjumlah 17 orang, dan Kloter 14 berjumlah 52 orang.

      Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai Perda Kota Banjarmasin tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, pemberangkatan para Jemaah Haji Kota Banjarmasin difasilitasi keberangkatannya sampai asrama haji.

            Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat. Insya Allah perjalanan Ibadah Haji ini berjalan aman, lancar, hikmat dan kembali ke Kota Banjarmasin dalam keadaan sehat.

            “Jaga nama baik daerah, jaga nama baik Indonesia. Semoga seluruh rukun haji, seluruh ritual, seluruh prosesi yang akan diikuti nanti tidak ada yang tertinggal”, ujar Ibnu Sina.

            Sambutan di akhiri dengan pemberangkatan secara resmi Jamaah Calon Haji Kloter 3 Kota Banjarmasin 1437 H/Tahun 2016 oleh Walikota Banjarmasin dengan ucapan “Bismillahirrahmanirrahim” secara bersama-sama, semoga menjadi haji yang mabrur dan membawa keberkahan bagi Banjarmasin Baiman, Banjarmasin Wan Nyaman.

            Dengan diiringi shalawat, para jemaah haji memasuki bis secara bergiliran. Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin serta isteri bersalaman dengan para jemaah di pintu guna melepas keberangkatan menuju Embarkasi Haji di Banjarbaru.