Anggota Paskibraka Kota Banjarmasin Tahun 2016 berjumlah 28 orang yang terdiri dari 14 orang wanita dan 14 orang laki-laki. Terpilihnya para Anggota Paskibraka setelah melalui seleksi Tingkat SMA/SMK/MAN/Sederajat se Kota Banjarmasin dan siswa-siswi tersebut berasal dari Kelas 2 dan 3.

            Pada Pengukuhan Paskibraka Kota Banjarmasin Tahun 2016 terpilih Fadia Ramadini dari SMKN 1 Banjarmasin sebagai pemimpin upacara.

            Pada pengukuhan ini dibacakan Ikrar Paskibraka secara aklamasi diikuti oleh Para Anggota Paskibraka Kota Banjarmasin dan Naskah Pengukuhan dibacakan oleh Walikota Banjarmasin.

            Penyematan Kendit dan Lencana oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kepada Pemimpin Upacara.

            Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Anggota dan Pelatih Paskibraka Kota Banjarmasin dalam rangka mensukseskan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71 Tahun 2016.

            Pengukuhan sebagai anggota Paskibraka, mengandung makna adanya penghormatan dan kebanggaan tersendiri. Selain itu, sebagai Anggota Paskibraka mengandung tanggung jawab moral dalam mengamalkan Ikrar Panca Paskibraka, yang bermakna, Jiwanya : Jiwa Indonesia, Pribadinya : Pribadi Indonesia, Karya Budidayanya : Karya Budi Daya Indonesia, Perhatian dan Dharma Bhaktinya Berpusatkan Kepentingan Bangsa dan Negara.

            “Kepada para anggota Paskibraka Kota Banjarmasin hendaknya menjaga kesehatan dan stamina dengan baik hingga pelaksanaan tugas Pengibaran Bendera 17 Agustus nanti,” ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri Pengukuhan secara resmi Paskibraka Kota Banjarmasin Tahun 2016. Pengukuhan diakhiri dengan ucapan selamat oleh Walikota Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarmasin, Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Para Asisten Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin, FKPD dan Instansi Vertikal, Kepala SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin.