Hadir pada acara ini Asisten Administrasi Setdako Banjarmasin Drs. Gazi Akhmadi, M.AP, Kasubag Bidang Keagamaan Bagian Kesra Setdako Banjarmasin, H. Fahruzi, S.pd, Ketua FSU Kota Banjarmasin Muhammad Faisal, S.Pdi, para kepala TPQ serta Ustadz/Ustadzah Se Kota Banjarmasin.

 

            Tujuan Silaturahmi Forum Silaturahmi Ustadz-Ustadzah LPTQ untuk berbagi informasi serta menyelesaikan berbagai macam persoalan yang dihadapi, terutama yang berkenaan peran, fungsi dan tugas FSU-LPTQ, serta pembinaan umat dikota Banjarmasin.

 

            Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang disampaikan Asisten Administrasi Setdako Banjarmasin Drs. Gazi Akhmadi, M.AP bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat guna menjalin silahturahmi dan komunikasi yang harmonis antara pemerintah, ulama dan masyrakat.

 

“Melalui komunikasi yang baik, diharapkan berbagai persoalan yang ada dimasyarakat dapat diselesaikan terutama di bidang pendidikan baca tulis al-quran.” harapan walikota dalam sambutan tersebut.

 

            Dalam rangka mempersiapkan generasi yang akan datang, maka lembaga kajian Al-Qur'an termasuk para pengelola TPA ke depan diharapkan tidak hanya sebatas pada pengajaran baca tulis al-qur'an saja, tetapi harus ada upaya maksimal dalam kajian dalam rangka pemahaman isi kandungan al-qur'an dan bimbingan pengamalannya. Perkembangan kualitas pendidikan Al-Qur'an juga perlu diikuti oleh peningkatan kualitas pengelolaan dan pengajarannya.

 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan dikusi yang bertemakan “Upaya Meningkatkan Motivasi Santri dan Ustad-Ustadzah dalam Belajar dan Mengajarkan Al-quran”,  pemateri dari Kementerian Keagamaan Wilayah Kota Banjarmasin, Ahmad Syahrani, S.Ag, dari bidang Bimbingan Masyarakat Islam serta Mahyuni, dari bidang Pendidikan Ilmiah dan Pesantren