Manfaat makan sayur 2-3 porsi dalam sehari memberikan nutrisi penting bagi tubuh dan menjadi anti oksidan bagi tubuh. Adanya perubahan perilaku masyarakat untuk senantiasa memasukkan sayur dan buah dalam daftar menu seharihari.
      Kegiatan makan sayur dan buah ini akan terus digalakkan di 26 puskesmas dan sekolah-sekolah dasar lainnya. Di Tahun 2016 telah dilaksanakan di 26 sekolah dasar.
      Dengan kampanye makan sayur dan buah akan menimbulkan kesadaran sejak dini akan pentingnya perilaku makan sayur dan buah untuk menjaga dan memelihara kesehatan sekaligus sebagai upaya intervensi terhadap peningkatan kasus penyakit tidak menular.
      Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.
      Dengan pencanangan ini sebagai sebuah kampanye bersama, bukan hanya tugas Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, juga Dinas Pendidikan khususnya struktur Pemerintahan Kota Banjarmasin dari Tingkat Kelurahan dan Kecamatan. Dan mengkampanyekan makan sayur dan buah lokal.
      “Diawali dengan proses pendidikan mudah-mudah kesehatan kita semakin meningkat. Pentingnya makan sayur dan buah ini menjadi agenda wajib di tingkat sekolah dasar dan sekaligus adanya upaya pembiasaan dari pihak sekolah minimal 1 (satu) hari dalam seminggu ditetapkan sebagai hari makan sayur dan buah”, ujar Ibnu Sina
      Sambutan diakhiri dengan mengucapkan Bismilahirrahmannirrahim, pencanangan kampanye makan sayur dan buah resmi dimulai.
      Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan sarana UKS kepada Kepala SDN Karang Mekar 9 oleh Walikota Banjarmasin.