Hadir pada acara ramah tamah ini Pembukaan Raker I Komwil V APEKSI Regional Kalimantan, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, S.Pi, M.Si, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, FKPD dan Instansi Vertikal Kota Banjarmasin, Perwakilan Direktur Eksekutif APEKSI (Manajer Antar Lembaga), Walikota dan Wakil Walikota peserta APEKSI Regional Kalimantan, Plh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si, Asisten Setdako Banjarmasin, Staf Ahli Walikota Banjarmasin dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

            Acara ramah tamah dibuka dengan pembacaan doa oleh Kepala Kementrian Agama Kota Banjarmasin Drs. H. Sofrayani, M.Pd.I.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, yang didampingi Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah mengucapkan terima kasih Kota Banjarmasin mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Raker I Komwil V APEKSI Regional Kalimantan, mengingat Kota Banjarmasin merupakan ibukota provinsi terkecil di Kalimantan. Tema Raker APEKSI Tahun 2016 ini sesuai dengan visi dan misi Walikota Banjarmasin yaitu Banjarmasin Baiman, Banjarmasin Barasih Wan Nyaman dan ingin menjadikan Banjarmasin sebagai Kota Sungai Terbersih se Indonesia. Ibnu Sina berharap semoga kegiatan Raker I Komwil APEKSI V Regional Kalimantan berjalan dengan lancar.

            Ramah tamah diakhiri dengan pemberian cenderamata antara Walikota Banjarmasin dan Wakil Walikota Banjarmasin dengan Walikota dan Wakil Walikota peserta APEKSI Regional Kalimantan.

            Pada kesempatan ini ditampilkan atraksi seni dan budaya, dan pertunjukan screen water.

            Pada kesempatan sebelumnya Walikota Banjarmasin telah membuka acara Pembukaan Expo Pelayanan Publik 2016 di Siring Pierre Tendean, Jumat Sore, 13 Mei 2016.

            Hadir pada acara pembukaan Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai, SH, LLM, PH.D, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjend. Pol. Erwin Triwanto, SH, Kepala Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H.M. Thambrin, Perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan (Asisten Dua Setda Provinsi Kalimantan Selatan), Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Gustafa Yandi, M.Si, Ombudsman Kota Banjarmasin Nurcholis Majid, M.Si dan SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

            Kegiatan Expo Layanan Publik 2016 berlangsung dari tanggal 13-15 Mei 2016 ini, kerjasama Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Badan Pertanahan Nasional, Otoritas Jasa Keuangan, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, BPJS, PLN, PDAM Bandarmasih dan Lembaga terkait lainnya.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Expo Pelayanan Publik karena visi dan misi Walikota Banjarmasin yang ingin menjadikan Banjarmasin Baiman, Barasih Wan Nyaman, Nyaman Pelayanannya, memberikan pelayanan terbaik.

            “Setiap event-event yang bersifat Nasional di Kalimantan Selatan kalau bisa dilaksanakan di Kota Banjarmasin”, tegas Ibnu Sina.

            Masih dalam rangkaian kegiatan pokok APEKSI Regional Kalimantan, dilaksanakan Rapat Kerja I Komisariat Wilayah (Komwil) V Regional Kalimantan di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Sabtu 14 Mei 2016.

            Kegiatan Raker I Komwil V Regional Kalimantan berlangsung dari Tanggal 13-15 Mei 2016, yang mengusung Tema “Meningkatkan Fungsi Sungai Sebagai sarana Transportasi dan Ekonomi Masyarakat “.

            Seperti yang disampaikan oleh Menteri Bappenas RI pada saat Musrenbang Kalimantan, Walikota Banjarmasin menekankan bahwa adanya kesamaan pemikiran dalam menyelesaikan masalah terkait peningkatan fungsi sungai sebagai transportasi dan juga peningkatan ekonomi masyarakat.

            Terkait adanya pimpinan daerah yang terlibat kasus hukum, agar aparat hukum bisa membedakan penyimpangan dan pelanggaran. Hal ini perlu mendapat perhatian penuh dari kita agar tidak ada keragu-raguan dalam bersikap dan mengambil keputusan.

            “Saya berharap, melalui APEKSI Regional Kalimantan ini dapat memberikan arti bagi kemajuan pulau Kalimantan dan pembangunan di negara ini”, ujar Ibnu Sina.

            Lima permasalahan mendasar yang diungkapkan dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Resnawan yakni : Kelistrikan, Belum tuntasnya jalan trans, Belum optimalnya pembangunan di perbatasan, Sumber Daya Manusia yang terbatas, dan Daya Saing.

            Rekomendasi yang dihasilkan pada Raker I Komwil V APEKSI Regional Kalimantan :  

1.   Perlu adanya penyempurnaan dan sinkronisasi peraturan perundang undangan tentang pengelolaan sungai di daerah yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat melalui lembaga atau kementerian terkait, sehingga pemerintah daerah dengan segala perangkatnya tidak terjadi gesekan dan kewenangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

2.   Mengusulkan kepemerintah pusat agar bisa memberikan pengucuran dana APBN dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK) ke setiap pemerintah kota yang memiliki sungai untuk meningkatkan fungsi sungai sebagi prasarana transportasi. (catatan : DAK tersebut akan digunakan untuk pembangunan, penyediaan dan pemeliharaan fasilitas infrastruktur di sungai, berupa dermaga, rambu-rambu, halte, pengerukan, kapal keruk dan kapal kerja)

3.   Pemerintah Pusat agar mendelegasikan atau melimpahkan kewenangan kepemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kota berkaitan dengan teknis pengaturan, pembinaan, operasional dan pengawasan diperairan kelas satu.

4.   Pemerintah pusat agar membuat aturan tata ruang kota dalam bentuk Undang undang yang mewajibkan setiap bangunan yang berada dipinggiran sungai wajib menghadap ke sungai.

            Peserta Raker I Komwil V APEKSI Regional Kalimantan terdiri dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, S.Pi, M.Si (sebagai Tuan Rumah), Walikota Banjarbaru Drs. H. Nadjmi Adhani, M.Si, Walikota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG, Walikota Balikpapan H. Rizal Effendi, SE, Walikota Singkawang Drs. H. Awang Ishak, M.Si, Wakil Walikota Palangkaraya H.M. Riban Satia, S.Sos, M.Si, Wakil Walikota Samarinda Ir. Nusyirwan Ismail, Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, dan Asisten Pemerintahan Kota Tarakan Hendra Arfandi, AP, M.Si.

            Sebagai Narasumber pada Raker I Komwil V APEKSI Regional Kalimantan adalah : Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Dirjend Kementerian Perhubungan RI Eddy Gunawan, ATD, M.Eng.

            Raker dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong oleh perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan, H. Rudy Resnawan.