Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program presiden yang diamanatkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat untuk membangun Keluarga Produktif.
      Implementasi PIP merupakan kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sekaligus untuk mendorong implementasi Pendidikan Menengah Universal/rintisan wajib belajar 12 tahun.
      PIP menjangkau siswa dari jalur pendidikan formal (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) dan non formal (SKB/PKBM, Lembaga Kursus dan Pelatihan).
      Sosialisasi/Monitoring Kartu Indonesia Pintar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan DharmaWanita Persatuan Pusat dan Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin.
      Dalam sambutannya Pembina Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah untuk memaksimalkan proses sosialisasi dan distribusi Kartu Indonesia Pintar di Kalimantan Selatan.
      “Dari Pemerintah Pusat dapat memaksimalkan keterlibatan SKPD Tingkat Provinsi dan Kota, sehingga data-data yang ada di lapangan betul-betul mewakili masyarakat yang membutuhkan Kartu Indonesia Pintar", ujar Siti Wasilah.