Pemusatan Latihan/Training Centre (TC) Kafilah MTQ Kota Banjarmasin dilaksanakan Tanggal 5-9 September 2016, dengan mengusung tema “Kobarkan Semangat, Teguhkan Tekad Semoga Juara Umum dan Mendapat Rahmat”. Kegiatan ini sebagai persiapan keikutsertaan Kafilah Kota banjarmasin pada MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Barabai).

            Kegiatan Pemusatan Latihan/Training Centre (TC) Kafilah MTQ Kota Banjarmasin Tahun 2016 dilaksanakan berdasar Surat Keputusan Nomor 250/kk.17.01-2/BA.00/2016 tentang Susunan Panitia Pelatihan/Training Centre dan Kafilah Kota Banjarmasin dalam rangka Persiapan MTQ Nasional ke-29 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2016. Peserta/Kafilah MTQ Kota Banjarmasin berjumlah 45 peserta yang didampingi 25 pelatih, dan bertanding disemua cabang (Tilawah, Tartil, Qira’at, Tahfizh dan Tafsir)

            Dalam sambutan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Setdako Banjarmasin Drs. H. Gazi Akhmadi, M.AP menyampaikan apresiasi kepada LPTQ Kota Banjarmasin yang memfasilitasi kegiatan ini.     Melalui Training Centre diharapkan dapat mengetahui sejauhmana pembinaan yang telah dilakukan terhadap qori/qoriah di Kota Banjarmasin.

            “Kepada pelatih untuk mengeluarkan semua kemampuan terbaik dan mengatur strategi, menjaga kekompakan sesama pelatih (kerjasama dan kekeluargaan) dan menjaga sikap profesional, integritas atas profesi masing-masing. Dan kepada peserta, bisa membuka diri atas masukan dari pelatih sehingga menambah wawasan, juga serius dan berdisiplin memperhatikan instruksi-instruksi pelatih”, ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan mengucapkan “Bismillahirrahmannirrahim”, Pembukaan secara resmi Pemusatan Latihan/Training Center (TC) Kafilah MTQ Kota Banjarmasin Tahun 2016 oleh Asisten Administrasi Setdako Banjarmasin Drs. H. Gazi Akhmadi, M.AP.